Oleh:
Khoiriya Fatma Nuryati/NIM 127905004
Matakuliah Teknologi Informasi dan
Komunikasi Pendidikan
Dosen Pengampu: Dr. Danang
Tandyonomanu, M.Si
A.
PENDAHULUAN
Seiring dengan
semakin berkembangnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dewasa ini, memungkinkan
adanya mobilitas informasi yang lebih cepat di dunia pendidikan Indonesia.
Sistem pendidikan yang terpadu, terarah dan berbasis teknologi, setidaknya
memberikan nuansa yang berbeda dalam
dunia pendidikan. TIK akan berperan sebagai pendorong bagi komunitas pendidikan
untuk lebih apresiatif dan proaktif dalam memaksimalkan potensi pendidikan.
Selain itu, TIK juga memberikan kesempatan yang luas bagi peserta didik untuk
mengembangkan potensinya melalui sumber-sumber belajar yang tidak terbatas.[1]
Di lingkungan
perguruan tinggi, misalnya, pemanfaatan TIK diwujudkan dalam suatu sistem yang
dikenal dengan nama electronic university (e-university). Pengembangan
layanan tersebut bertujuan untuk mempermudah akses materi kuliah oleh siapa,
kapan, dan dimana saja orang membutuhkannya. Tidak hanya itu, TIK juga dapat
dimanfaatkan untuk membuat automasi jadwal perkuliahan, kinerja dosen secara online,
portofolio online, dan sebagainya. Hal ini tentu akan sangat membantu peserta
didik yang membutuhkan informasi tentang biaya kuliah, kurikulum, dosen
pembimbing, dan sebagainya.[2]
Namun, ada beberapa kendala di Indonesia yang menyebabkan TIK belum dapat
digunakan seoptimal mungkin. Di antaranya yaitu kesiapan pemerintah dalam
melaksanakannya, kurangnya ketersediaan sumber daya manusia, proses
transformasi teknologi, infrastruktur telekomunikasi dan perangkat hukum yang
mengaturnya.
Di dalam
artikel ini, penulis akan memaparkan kelebihan dan kekurangan implementasi TIK di
Lembaga Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya.
B.
PEMBAHASAN
1.
Gambaran Umum Lembaga Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya[3]
Lembaga Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya merupakan lembaga
pendidikan yang baru aktif berkiprah di dunia pendidikan Indonesia pada 2012
lalu. Lembaga ini memiliki dua dari tiga strata pendidikan yang direncanakan yaitu
SD dan SMP, dengan jumlah guru dan karyawan 15 orang, siswa SD 30 orang, dan
siswa SMP 16 orang.
Dari segi geografis, LPI Al-Mizan terletak di Jl. Candi Lontar
no.106, yang merupakan daerah Surabaya Barat. Sekolah yang berorientasi pada
Green School ini memiliki lingkungan yang asri, hijau, dan sejuk.
a. Visi, Misi dan Motto
Visi
”Mewujudkan Lembaga Pendidikan Unggulan yang
Kompetitif Berwawasan Global dengan Al Qur'an dan Hadist sebagai Sumber
Inspirasi Motivasi dan Kreasi ”
Misi
Menghasilkan anak didik yang :
- Teruji Dalam Ilmu
- Terpuji Dalam Akhlaq
- Terdepan Dalam Prestasi
Motto
"Membentuk Insan Kamil berprestasi akademik
optimal, berakhlak Mulia dan Beriman"
b.
Kurikulum dan Sistem Pembelajaran
Kurikulum yang digunakan adalah perpaduan dari kurikulum
Kementerian Pendidikan Nasional, Kementerian Agama, suplementasi materi khusus
dari lembaga, serta pelajaran menggunakan bilingual. Lembaga ini menggunakan
sistem pembelajaran full-day school, yang dimulai dari pukul 07.00 WIB hingga
pukul 13.00 WIB untuk siswa sekolah dasar, sedangkan pukul 15.00 WIB untuk
siswa sekolah menengah pertama.
c.
Fasilitas
Berikut ini adalah fasilitas yang dimiliki oleh LPI Al-Mizan
Surabaya:
1)
Ruang
kelas dengan LCD
2)
Laboratorium
Sains
3)
Laboratorium
Komputer dan Internet
4)
Perpustakaan
5)
Ruang
Multimedia
6)
Sarana
Olahraga dan bermain
7)
Aula
dengan kapasistas 500 orang
8)
Musholla
9)
Ruang
makan dan kantin
10) UKS
11) Wi-fi
12) Halaman yang luas,rindang, dan sejuk
13) Beasiswa bagi siswa berprestasi dan kurang mampu
d.
Profil Lulusan
1)
Memiliki
karakter keislaman
2)
Memiliki
wawasan kebangsaan dalam rangka menumbuhkembangkan ketaatan dan rasa kasih sayang
kepada Allah dan Rasul, Ibu/Bapak, sesama, dan alam sekitar
3)
Selalu
menumbuhkembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.
4)
Memiliki
kompetensi di atas standar kompetensi
5)
Memiliki
kemampuan berbahasa internasional minimal satu bahasa asing (Inggris/Arab)
6)
Siap
memasuki dan diterima di sekolah unggulan, bertaraf internasional di dalam atau
pun luar negeri
2.
Implementasi TIK di Lembaga Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya
Sejauh ini, Lembaga Pendidikan Islam al-Mizan Surabaya telah mengimplementasikan
teknologi informasi dan komunikasi dalam sistem pendidikannya. Hal itu
ditunjukkan dengan beberapa hal berikut:
a.
Adanya
fasilitas wi-fi yang memudahkan warga sekolah dalam mengakses informasi
b.
Adanya
laboratorium komputer dan multimedia yang digunakan untuk menunjang kegiatan
pembelajaran
c.
Administrasi
pendidikan yang menggunakan sistem komputerisasi
d.
Adanya
sms center yang digunakan untuk mengirimkan sms massal kepada wali murid
terkait dengan kegiatan yang diselenggarakan di sekolah
e.
Sistem
promosi sekolah yang menggunakan web
Adapun beberapa program kerja terkait implementasi TIK yang masih
belum terealisasi adalah sebagai berikut:
a.
Sistem
presensi guru dan karyawan menggunakan presensi elektronik
b.
Layanan
perpustakaan menggunakan Tag Rfid
c.
E-learning
Menurut penulis,
penerapan TIK di LPI Al-Mizan ini masih tergolong standar (biasa). Hal tersebut
seiring dengan usia lembaga ini yang masih berusia muda. Ada banyak hal yang
perlu dipenuhi dalam rangka melengkapi sarana dan prasarana yang ada. Sebagai
lembaga yang menginginkan output yang selalu menumbuhkembangkan ilmu
pengetahuan dan teknologi, alangkah lebih baiknya jika penerapan TIK ini terus
dikembangkan dan ditingkatkan.
3.
Analisis Kekurangan dan Kelebihan Implementasi TIK di Lembaga
Pendidikan Islam Al-Mizan
Pada bagian ini, penulis akan menganalisis kekurangan dan kelebihan
implementasi TIK di Lembaga Pendidikan Al-Mizan Surabaya.
a.
Adanya fasilitas wi-fi
Kelebihan: dengan adanya
fasilitas wi-fi ini, maka akses warga sekolah terhadap infomasi di dunia maya
semakin cepat. Bagi guru, falisitas ini tentu sangat membantu dalam mengakses
informasi yang berkaitan dengan materi pembelajaran, mencari video yang cocok
digunakan dalam pembelajaran, berkomunikasi dengan guru MGMP, dsb. Sedangkan
bagi siswa, fasilitas ini sangat membantu dalam mengakses informasi yang
berkaitan dengan materi pembelajaran, pencarian literatur untuk mengerjakan
tugas, berdiskusi dengan siswa lain di sekolah lain dengan lebih efisien. Adapun
bagi bagian Humas lembaga, fasilitas ini dapat digunakan sebagai media promosi
paling praktis dalam memasarkan sekolah guna menarik perhatian orang tua/wali
murid untuk menyekolahkan anaknya di lembaga ini.
Kekurangan: berdasarkan
pengamatan penulis, kuantitas wi-fi di lembaga ini masih tergolong kurang. Bandwithnya
pun tidak terlalu besar, sehingga sangat rentan terhadap melambatnya akses
internet. Alangkah lebih baiknya jika kuantitas wi-fi di lembaga ini ditambah,
agar akses informasi ke dunia maya lebih mudah dan cepat.
b.
Adanya laboratorium komputer dan multimedia
Kelebihan: adanya laboratorium
komputer dan multimedia dapat memfasilitasi guru dan siswa dalam mempelajari materi-materi
TIK, pengaksesan informasi, dsb.
Kekurangan: berdasarkan
pengamatan penulis, kuantitas perangkat komputer di laboratorium ini masih
tergolong kurang. Jumlahnya pun masih 10 unit. Dengan jumlah yang minimalis
seperti itu, tentu belum mampu memfasilitasi kebutuhan siswa ketika melakukan
praktik pembelajaran TIK.
c.
Administrasi pendidikan dengan sistem komputerisasi
Kelebihan: sistem
komputerisasi pada kegiatan administrasi pendidikan dapat membuat pengolahan
data menjadi lebih efektif dan efisien.
Kekurangan: berdasarkan
pengamatan penulis, perlu adanya peningkatan sumber daya manusia pengolah
admnistrasi yang lebih handal. Maka dari itu, perlu adanya diklat untuk para
admin pendidikan.
d.
Adanya sms center
Kelebihan: sms center ini
dapat mengefisienkan kerja Humas dalam mentransfer informasi terkait rapat
guru, rapat dengan komite, pertemuan wali murid, dsb.
Kekurangan: -
e.
Sistem promosi menggunakan web
Kelebihan: web dapat
membuat lebih cepatnya penyebaran informasi. Hal ini tentu menjadi keuntungan
tersendiri bagi lembaga.
Kekurangan: menurut
pengamatan penulis, tampilan web lembaga masih kurang menarik, perlu adanya pemolesan
artistik agar tampak lebih menarik. Selain itu, content web masih
minimalis, bahkan terkesan tidak terisi dengan baik.
C.
KESIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan paparan di atas, dapat diketahui bahwa Lembaga
Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya telah menerapkan TIK dalam sistem pendidikan
dan proses pembelajarannya. Meskipun di dalamnya masih banyak kekurangan
terkait kuantitas perangkat dan kualitas SDM.
Alangkah lebih baik jika Lembaga Pendidikan Islam Al-Mizan Surabaya
terus berupaya meningkatkan kuantitas perangkat TIK, serta mengadakan
perekrutan dan pelatihan bagi SDM lembaga.
6 komentar:
akan lebih baik jika sarana TIK bagus dan diimbangi dengan arahan kepada siswa untuk menggunakan TIK dengan baik dan benar :)
Ya, sosialisasi penggunaan TIK di sekolah memang wajib dilakukan. Supaya tidak terjadi penyalahgunaan nantinya. Biasanya anak2 kalau sudah mengahadap laptop atau komputer itu sukanya main game, eh, materi pelajarannya dilupakan.
Tapi, kalau di Al-Mizan insyAllah hal itusudah bisa dikendalikan, kok, maz Dik.. :)
Wah .. ternyata penggunaan TIK sangat banyak sekali, saya saja baru tahu kalau ada sms center. Tapi memang bagus jika TIK di aplikasikan dalam dunia pendidikan khususnya yang mendukung dalam administrasi dan operasi yang ada di sekolah.
Saya rasa untuk promosi web itu sangat berpeluang untuk memberi informasi tentang suatu lembaga misalnya khususnya di pedesaan seperti lembaga daerah saya.
akan lebih baik jika guru yang menangani bidang tsb, diberi pelatihan khusus agar promosi menjadi maksimal :-) (y)
Terima kasih sarannya, Mbak Bariroh...
Ya, rencana ke depan memang akan mengadakan diklat khusus bagi pegawai tata usaha yang menangani masalah web. Supaya promosi ke masyarakat semakin efektif dan efisien.
Jaman sekarang mana ada sih lembaga yang promosinya gak pake web? Ya, mungkin ada sih, tapi bisa jadi 'jualannya' gak laku. :)
Hmm...sekolahnya masih baru ya? perlu banyak pengembangan dan inovasi terus-menerus itu...
semangat2..!!
Ya, memang masih baru. Maka dari itu, ada banyak aspek yang perlu dikembangkan. Tetapi yaa..dana yang dibutuhkan juga banyak...
Posting Komentar